Apakah Amandel Bisa Sembuh Tanpa Operasi? Ini Penjelasan dan Tips Perawatannya

Amandel terletak pada kedua sisi faring di mana lokasi tepatnya adalah di mulut dan merupakan nama tonsil yang masih salah satu dari jaringan limfoid. Tonsil sendiri berperan sebagai pelawan kuman dalam bentuk bakteri dan virus yang bisa masuk ke tenggorokan dengan memroduksi sel-sel limfosit yang melawan infeksi.

cara mengobati amandel tanpa operasi

Namun ketika tonsil mengalami radang, tonsil kemudian akan membesar di mana hal ini juga terjadi di kala infeksi menyerang. Pada umumnya, radang tonsil harus ditangani dengan jalan operasi, namun apakah amandel bisa sembuh tanpa operasi meski radang dan infeksinya sudah cukup serius?

Baca juga; Mengonsumsi telur mentah itu baik atau buruk untuk kesehatan?

Bisakah Amandel Sembuh Tanpa Operasi?


Tentu saja bisa, bahkan ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan amandel tanpa harus menempuh langkah operasi. Tergantung dari apa penyebab dari radang tersebut, maka pengobatan dan perawatan yang diberikan jelas harus disesuaikan dengan kondisi penyebabnya. Tapi semua dengan catatan, yakni amandel bisa sembuh tanpa operasi apabila belum sampai menutup jalan pernapasan dan berikut ini tips perawatan atau cara mengobati amandel tanpa operasi:


  • Mengonsumsi Bawang Putih – Terlepas dari adanya efek samping bawang putih, bumbu dapur ini bisa coba Anda kunyah mentah-mentah 1 siung saja setiap hari sampai peradangan hilang. Apabila tak suka rasanya, Anda dapat mengonsumsi bawang putih lebih banyak dengan menambahkannya ke masakan-masakan Anda.
  • Menggunakan Jahe – Sama halnya dengan bawang putih, ada efek samping jahe yang perlu diwaspadai, namun Anda bisa menggunakannya untuk menyembuhkan amandel secara aman asal dengan takaran yang benar. Tumbuklah 2 ruas jahe merah, rebus di dalam air 3 gelas sampai susut hingga airnya tersisa 2 gelas. Ramuan siap Anda minum jika sudah ditambah dengan 2 sendok makan madu murni; konsumsilah sore dan pagi setiap hari.
  • Menggunakan Daun Sirsak – Siapkanlah 8 lembar daun sirsak tapi yang sudah agak tua, rebuslah di dalam air 3 gelas sampai akhirnya air tersisa 2 gelas. Air rebusan bisa Anda minum sampai amandel membaik setiap pagi dan sore sehari 2 kali.
  • Menggunakan Mengkudu – 1 buah mengkudu yang telah dicuci Anda perlu potong hingga beberapa bagian sebelum akhirnya diblender bersama air ¼ gelas. Sarinya bisa Anda ambil dan kemudian dituang ke dalam gelas. Sebagai pemanis tambahan, tambahkan 2 sendok makan madu dan juga air hangat; minumlah ramuan setiap pagi dan malam hari setiap sehabis makan 1 gelas.
  • Menggunakan Kulit Jeruk Nipis – Siapkan jeruk nipis 3 buah yang sudah kupasan dan dicuci bersih. Kulitnyalah yang perlu Anda rebus bersama air 3 gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas air. Sesudah menyaringnya, minumlah ramuan 1 gelas setiap hari pada pagi hari dan 1 gelas lagi Anda gunakan sebagai obat kumur.
  • Memakai Air Garam Hangat – Sediakanlah segelas air hangat yang kemudian ditambah dan dicampur bersama sesendok teh garam dapur. Sesudah merata, gunakan larutan sebagai obat kumur pada waktu pagi, siang dan malam; lakukan kumur-kumur sehabis makan dan tentunya gigi sudah dalam kondisi bersih juga.
  • Menggunakan Antibiotik – Apabila amandel radang disebabkan oleh bakteri, maka penggunaan jenis antibiotik tertentu saja pun sudah cukup bersama dengan gaya hidup yang baik akan mempercepat kesembuhan.
  • Minum Air Hangat atau Madu – Memperbanyak konsumsi air putih hangat dan juga madu murni pun dapat mempercepat pengempesan bengkak di amandel.
  • Menggunakan Obat Antiradang – Obat antiradang baik itu obat apotek atau alami dapat membantu masalah radang amandel karena obat-obat ini pun juga diyakini mampu mengecilkan tonsil yang membesar karena infeksi atau radang.
Kapan Operasi Perlu Dilakukan oleh Penderita Amandel?

Untuk kasus amandel yang sudah cukup serius di mana jalan pernapasan tertutup karena pembesaran tonsil yang terus terjadi, maka tonsilektomi alias teknik operasi amandel pun harus dilaksanakan. Indikasi-indikasi berikut ini yang dapat menjadi tanda untuk segera menempuh langkah operasi.


  • Kesulitan menelan karena tonsil terlalu besar ukurannya dan masih akan dapat lebih besar dengan kripta.
  • Tonsil terkena infeksi dan terdapat kripta atau abses peritonsilar.
  • Peradangan tonsil terjadi berkali-kali di mana dalam setahun dapat mengalami 4-5 kali atau lebih.
  • Sumbatan jalan napas terjadi karena pembesaran tonsil atau yang disebut juga dengan hipertrofi.

Jadi, apakah amandel bisa sembuh tanpa operasi? Ya, amandel bisa sembuh tanpa harus dioperasi ketika kondisinya masih ringan dan jalan pernapasan masih tidak terganggu. Namun, operasi perlu ditempuh kalau penderita sudah mulai sulit menelan dan bernapas.

Biar hidup sehat, ayo berlangganan:

0 Response to "Apakah Amandel Bisa Sembuh Tanpa Operasi? Ini Penjelasan dan Tips Perawatannya"

Post a Comment

Ayo berkomentar! Berikan tanggapan Anda mengenai bahasan topik yang sudah ditulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel